Cara Mengobati Jantung Koroner

September 20, 2016

Cara mengatasi jantung koroner yang sudah dikenal luas selanjutnya adalah dengan menggunakan operasi bypass atau CABG (Coronary Artery Bypass Grafting). Mengatasi jantung koroner dengan cara ini akan dilakukan atau disarankan bila penyakit jantung koroner yang terjadi sudah sangat serius.

Adanya CTO, dan infarction adalah salah satu keadaan serius dari penyakit jantung koroner. Kondisi CTO merupakan keadaan dimana arteri koroner sudah tersumbat total. Semakin lama kondisi ini terjadi akan menyebabkan kondisi serius lainnya misalnya serangan jantung dan gagal jantung.

Operasi CABG atau bypass sendiri merupakan tindakan pembuatan jalan baru dengan mencangkok pembuluh darah di dekat pembuluh darah yang menyempit/tersumbat. Biasanya sekali tindakan ini dilakukan membutuhkan waktu sekitar 3-6 jam. Lamanya tindakan biasanya disesuaikan dari jumlah pembuluh darah yang dicangkokan. Berasal dari daerah kaki, dada, atau lengan pembuluh darah yang dicangkokan diambil.

Menggunakan metode ini memiliki resiko lebih rendah dibandingkan dengan menggunakan ring bila kondisi pembuluh darah tidak mengalami pengerasan/aterosklerosis. Saat pemasangan ring, aterosklerosis dapat membuat pecah pembuluh darah disebabkan pembuluh darah gagal beradaptasi dengan ring yang dipasang.

Kekurangan utama dari metode ini adalah pembedahan besar. Pengambilan pembuluh darah pengganti, kemudian pembukaan daerah dada untuk dicangkokan pembuluh darah, hingga penggunaan mesin jantung paru. Saat pencangkokan pembuluh darah dapat gagal jika ikatan tidak kuat. Dibutuhkan sekitar 6 bulan hingga 1 tahun setelah operasi untuk proses pemulihan karena pada masa tersebut masih rawan terlepasnya ikatan pembuluh darah.

Cara terakhir dan sering dikombinasikan dengan kedua cara sebelumnya adalah dengan mengonsumsi obat-obatan kimia. Obat-obatan kimia memiliki daya reaksi yang cepat. Penggunaan obat pun dapat berhasil mengatasi jantung koroner dengan kondisi dan situasi tertentu. Konsumsi obat rutin serta teratur menjadi kunci keberhasilan jika menggunakan metode ini.

Kekurangan utama dari metode ini adalah sifat obat yang keras dapat mempengaruhi sistem kerja organ lainnya. Salah satu organ yang sering terkena dampak akibat penggunaan obat kimia adalah lambung dan hati. Lambung merupakan tempat pertama proses pencernaan total terjadi. Sedangkan hati merupakan tempat untuk menawarkan obat sehingga dapat disesuaikan dengan tubuh. Oleh sebab itu, konsultasi kepada ahli tenaga kesehatan professional juga menjadi syarat utama berhasilnya metode ini.

Bagaimana dengan penggunaan obat jantung herbal? Apakah metode ini bisa dilakukan untuk pengobatan jantung koroner tanpa operasi? Tentu saja cara ini bisa dilakukan. Penggunaan herbal memang membutuhkan waktu untuk diproses dalam tubuh. Kemungkinan kecil terjadinya efek samping dan tidak butuh tindakan invasif saat pengobatan adalah keunggulan utamanya. Namun cara apapun yang digunakan agar hasil yang dicapai maksimal, syarat wajibnya adalah konsultasi kepada tenaga kesehatan yang terdidik dan professional.

Posted in Informasi by Herbalis Dyas | Tags: ,

Leave a Comment