ATEROSKLEROSIS, si Penyumbatan Pembuluh Darah, BAHAYAKAH?

September 30, 2016

Penyebab terbesar terjadinya aterosklerosis adalah bagian dari kolestrol yaitu LDL (Low Density Lipoprotein) dikenal juga sebagai kolestrol jahat. Bagian lain dari kolestrol adalah HDL (High Density Lipoprotein) disebut juga dengan kolestrol baik. Asupan makanan dan metabolisme tubuh sangat mempengaruhi dari tinggi rendahnya nilai kolestrol dalam darah.

Aterosklerosis merupakan terjadinya penyempitan atau penyumbatan pembuluh darah. Aterosklerosis dapat terjadi di berbagai tempat. Tak terkecuali terjadi di jantung.

Penyumbatan pembuluh darah di jantung dapat menyebabkan penyakit yang dikenal dengan nama penyakit jantung koroner. Penyakit lain yang dapat ditimbulkan oleh aterosklerosis antara lain seperti serangan jantung dan penyakit jantung bengkak.

Penyakit jantung koroner terjadi karena adanya aterosklerosis di arteri koroner. Terjadinya aterosklerosis di arteri koroner akan menyebabkan aliran darah ke jantung berkurang. Kurangnya aliran darah akan menyebabkan sel jantung kekurangan suplai makanan untuk sumber energi aktivitas jantung.

Serangan jantung terjadi ketika penyakit jantung koroner tidak diatasi. Semakin lama kekurangan suplai makanan akan menyebabkan kematian sel jantung. Banyaknya kematian sel jantung menyebabkan fungsi jantung terganggu hingga terjadi serangan jantung.

Penyakit jantung bengkak adalah penyakit lain yang dapat terjadi bila penyakit jantung koroner dibiarkan. Kurangnya suplai makanan dan adanya kematian sel jantung mengharuskan jantung untuk beradaptasi dengan keadaan barunya. Peningkatan kerja jantung akan terjadi. Peningkatan ini menyebabkan pembesaran organ jantung.

Salah satu golongan obat sakit jantung koroner yang ada bertujuan untuk mencegah terjadinya aterosklerosis. Golongan statin adalah jenis obat buat sakit jantung yang digunakan. Tentu saja penggunaannya harus sesuai aturan dan saran dari tenaga kesehatan sehingga tidak membahayakan bagi tubuh.

Selain menggunakan obat statin, terdapat bahan dari dapur sendiri yang bisa digunakan sebagai obat jantung koroner tradisional. Bahan tersebut adalah daun salam. Daun salam mudah didapatkan dan ditemukan karena biasanya sering digunakan sebagai pelengkap makanan. Sudah cek isi dapur Anda?

Leave a Comment