PENYEBAB PENYUMBATAN JANTUNG Si Makanan Berlemak Enak itu?

September 30, 2016

Makanan berlemak menjadi salah satu pantangan bagi orang yang memiliki penyakit jantung koroner atau resiko terkena jantung koroner. Semakin berlemak suatu makanan, terkadang menjadi semakin lezat rasanya. Obat jantung koroner pencegah lemak menjadi menu wajib bagi pasien pjk yang tidak dapat menjaga pantangan.

Makanan dibutuhkan manusia untuk bertahan hidup. Fungsi utama makanan adalah sebagai sumber energi tubuh untuk menjalankan berbagai macam aktivitas, seperti bergerak, berkembang biak, tumbuh dan berkembang.

Sumber energi terbesar suatu makanan berasal dari bahan lemak. Swaminathan 1974 menjelaskan bahwa lemak memiliki konversi energi sebesar 9 kkal per gramnya. Sedangkan konversi energi karbohidrat dan protein masing-masing adalah 4 kkal per gramnya.

Walaupun lemak memiliki konversi energi terbesar untuk digunakan, lemak memiliki proses pencernaan yang panjang untuk bisa dimanfaatkan. Hal ini menyebabkan karbohidrat menjadi penyumbang energy terbanyak. Proses pencernaan kimiawi karbohidrat sudah dimulai bahkan sejak berada dalam rongga mulut. Sedangkan protein lebih banyak dimanfaatkan dalam hal struktural tubuh.

Terpenuhinya energi dari karbohidrat menyebabkan lemak yang telah dicerna kemudian disimpan tubuh dalam bentuk trigliserida di sel adiposa. Trigliserida akan  meningkat dalam darah ketika tubuh tidak mendapatkan energi yang berasal dari karbohidrat.

Lemak juga berfungsi membantu proses-proses yang terjadi dalam tubuh, misalnya pembentukan hormon seksual, dan pembentuk struktur selaput sel. Lemak membantu menjalankan tugas tersebut diedarkan darah dalam bentuk lipoprotein.

Lipoprotein menjadi penyebab penyumbatan jantung dalam bentuk LDL. Rendahnya densitas lipoprotein menyebabkan lemak dalam bentuk ldl dapat menyusup ke dalam ruangan intraseluler endotelium akibat tautan sel endotel lumen pembuluh darah yang merenggang. Penimbunan lemak ini lama kelamaan menyebabkan terjadinya penyumbatan pembuluh darah dikenal dengan aterosklerosis.

Pengobatan penyumbatan pembuluh darah terbaik adalah dengan menjaga pantangan dan menerapkan pola hidup sehat. Hal ini dapat menjadi serius  jika dibiarkan dan menyumbat jantung. Alhasil pengobatan penyempitan pembuluh darah jantung akan sangat diperlukan dan dilakukan secara komprehensif untuk mengatasinya. Untuk meminimalisir efek, sebaiknya gunakanlah obat herbal untuk sakit jantung yang terbukti secara klinis dan aman bukan hanya testimoni belaka.

Leave a Comment