Mengenal Jantung -Pendorong Energi Pengobar Semangat Kerja Sel Tubuh- dan Penyakitnya Bagian 1

October 9, 2016

Begitu luar biasanya sistem kerja tubuh diciptakan oleh Tuhan Yang Maha Esa dan Kuasa. Tubuh mahluk hidup memiliki sistem kerja yang sangat rumit, sekaligus sangat detail dan berkaitan satu sama lain yang membuatnya menarik untuk diketahui. Bahkan sistem kerja tersebut terlihat dalam sel yaitu satuan unit terkecil penyusun mahluk hidup.

Salah satu sistem kerja di tubuh yang sangat menarik adalah sistem Jantung dan pembuluh darah. Bila diibaratkan jantung merupakan orator pengobar semangat kerja agar tujuan dapat tercapai. Jantung memberikan dorongan agar energi dan makanan yang dibawa oleh darah dapat diterima hingga ke seluruh penjuru tubuh.

Jantung memiliki empat bagian untuk melaksanakan tujuannya. Atrium kanan dan kiri serta ventrikel kanan dan kiri. Atrium berfungsi untuk menerima darah, dengan bagian kanan yang akan menerima darah dari seluruh penjuru tubuh dan bagian kiri yang menerima darah dari paru-paru. Darah yang diterima oleh atrium kanan sangat miskin dengan oksigen dan darah atrium kiri sangat kaya dengan oksigen. Sedangkan ventrikel berfungsi untuk memompa darah, dimana bagian kanan berfungsi untuk memompa darah ke paru-paru dan bagian kiri memompa darah ke seluruh tubuh. Darah akan disalurkan ke seluruh tubuh melalui saluran pembuluh darah, dari arteri pulmonal hingga vena pulmonal serta dari aorta hingga vena cava yang membawa kembali ke jantung.

Bagian-bagian penyusun jantung tersusun atas otot jantung atau miokardium. Otot jantung sangat istimewa karena kombinasi antara dapat bekerja tanpa perlu disadari seperti otot polos pada pencernaan, tetapi sangat kuat kerjanya seperti otot lurik pada ekstremitas. Dengan adanya empat bagian jantung, otot jantung juga menyesuaikan posisinya. otot jantung atau miokardium yang menyusun bagian atrium akan lebih tipis dibandingkan dengan miokardium yang menyusun bagian ventrikel. Terlebih pada ventrikel kiri yang berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

Penyakit jantung bawaan, penyakit jantung bengkak, dan gagal jantung sangat berkaitan dengan bagian-bagian jantung dan miokardium penyusun jantung tersebut. Macam penyakit jantung bawaan yang dapat terjadi seperti ASD (Atrial Septal Deffect) dan VSD (Ventricular Septal Deffect) yaitu adanya celah pada pembatas antar atrium atau antar ventrikel. Tindakan operasi tentu diperlukan untuk mengatasi penyakit yang bersifat kongenital ini. Tidak akan dapat tertutup jika hanya dengan mengonsumsi ramuan untuk penyakit jantung atau obat penyakit jantung dari kimia saja. Apalagi jika celah pada jantung tersebut sangat besar.

Penyakit jantung bengkak disebabkan oleh berbagai macam hal, salah satunya adalah penyakit jantung koroner. Penyakit jantung bengkak masih bisa diatasi dengan meminum obat jantung bengkak herbal ataupun kimia. Tentu saja disesuaikan juga dengan penyebab terjadinya jantung bengkak.

Leave a Comment