Mengenal Jantung – Pendorong Energi Pengobar Semangat Kerja Sel Tubuh- dan Penyakitnya Bagian 2

October 9, 2016

Hal yang membuat istimewa jantung adalah jantung memiliki sumber pembangkit listriknya (pacemaker) sendiri. Adalah nodus sinoatrial (SA Node) yang mengatur jantung agar tetap dapat memompa keseluruh tubuh 60-100 kali per menit. Jika terjadi masalah pada SA Node masih ada nodus atrio-ventricular (AV Node) yang membuat jantung memompa ke seluruh tubuh 40-60 kali per menit. Apabila kedua sumber ini tidak bekerja, serabut purkinje adalah pembangkit terakhir yang membuat jantung berdetak 20-40 kali per menit.

Hal istimewa lainnya adalah jantung memiliki saluran pembuluh darah khusus untuk menghidupi kerja dari miokardium. Pembuluh darah itu disebut arteri koroner. Arteri koroner terbagi menjadi 2 saluran utama, RCA (Right Coronary Artery), LM (Left Main). Arteri LM kemudian bercabang menjadi 2 yaitu menjadi LAD (Left Artery Descending) yang akan memberikan nutrisi dan oksigen pada bagian jantung sebelah kiri depan, dan LCX (Left CircumFlex) yang memutar kebelakang akan memberikan nutrisi dan oksigen pada bagian belakang organ jantung melewati pembuluh kapiler yang ada di Jantung.

Pada orang-orang lanjut usia, masalah sering terjadi pada arteri koroner ini yang akan mempengaruhi pacemaker jantung serta miokardium. Penyebab masalah ini terutama diakibatkan karena adanya hambatan pada arteri koroner yang dikenal sebagai penyakit jantung koroner. Hambatan tersebut dapat diketahui dengan menggunakan EKG, hingga Angiografi Jantung, tetapi tingkat hambatan tersebut dapat terlihat jika berada pada 4 arteri koroner utama dengan MSCT atau Angiografi/Kateterisasi Jantung.

RCA, LAD, dan LCX adalah arteri koroner yang sering mendapat hambatan seiring bertambahnya usia. Hambatan arteri koroner akan sangat berbahaya jika semakin besar bahkan hingga menutup total arteri koroner. Apalagi jika hambatan total ini terjadi pada LM, pembuluh darah yang akan bercabang menjadi LAD dan RCX.

Penyakit jantung koroner dapat menyebabkan jantung berdebar, atau aritmia jantung. Aritmia jantung juga dapat sangat berhubungan dengan pacemaker jantung. Aritmia jantung sendiri adalah keadaan dimana jantung tidak memompa secara reguler/teratur/berirama. Baik aritmia jantung maupun penyakit jantung koroner dapat diatasi dengan obat herbal untuk penyakit jantung koroner atau pengobatan jantung koroner secara medis, bisa dengan tindakan operasi atau menggunakan obat-obatan.

Jika tidak diatasi, penyakit jantung koroner juga dapat menyebabkan penyakit jantung bengkak. Pengobatan jantung bengkak yang tidak ditangani dengan baik juga dapat menyebabkan gagal jantung. Gagal jantung adalah kondisi ketika jantung sudah sangat menurun fungsinya untuk memompa darah. Hingga saat ini belum ada cara untuk  pengobatan gagal jantung secara konvensional.

Suatu cobaan (penyakit jantung) yang diturunkan oleh Tuhan Yang Maha Esa memiliki obatnya. Tentu saja obat-obat jantung tersebut sudah disediakan di alam ini yang berasal dari tanaman, hewan ataupun mineral yang dikenal dengan herbal. Selain menjadi obat, juga bisa digunakan sebagai makanan. Bukankah obat terbaik untuk jantung adalah yang dapat menjadi makanan yang sehat untuk jantung?

Leave a Comment