Apa itu Serangan Jantung?

December 14, 2016

Suatu serangan jantung ringan terjadi ketika aliran darah yang kaya oksigen ke bagian otot jantung tiba-tiba tersumbat dan jantung tidak dapat mendapatkan oksigen. Jika aliran darah tidak dialirkan kembali dengan cepat, maka bagian dari otot jantung tersebut mulai mengalami kematian.

Serangan jantung ringan paling sering terjadi akibat Penyakit Jantung Koroner (PJK), atau disebut penyakit arteri koroner. PJK adalah suatu keadaan dimana plak menumpuk di dalam arteri coroner, sementara arteri ini menyuplai darah kaya oksigen ke jantung Anda. Ketika plak menumpuk di arteri, kondisi ini disebut dengan aterosklerosis. Penumpukan plak terjadi selama bertahun-tahun hingga akhirnya, area plak tersebut robek. Hal ini menyebabkan gumpalan darah terbentuk di permukaan plak. Jika bekuan terjadi cukup besar, maka sebagian besar atau seluruhnya dapat memblokir aliran darah melalui arteri koroner.

Jika penyumbatan ini tidak ditangani dengan segera, bagian dari otot jantung yang tiak tersuplai darah oleh arteri mulai mati. jaringan jantung sehat digantikan dengan jaringan parut. Gejala akibat kerusakan jantung ini mungkin tidak terlihat jelas, atau bahkan mungkin menyebabkan masalah yang berat. Serangan jantung dapat dikaitkan dengan atau penyebab masalah kesehatan yang parah, seperti gagal jantung dan aritmia yang mengancam jiwa.

Bagaimana Gejala Serangan Jantung?

Banyak orang tidak yakin apakah mereka mengalami gejala serangan jantung ringan. Beberapa gejala peringatan yang paling umum dari serangan jantung bagi pria dan wanita adalah :

  • Nyeri Dada atau Rasa Tidak Nyaman

Serangan jantung lebih sering melibatkan rasa ketidaknyamanan di tengah atau kiri dada. ketidaknyamanan ini biasanya berlangsung lebih dari beberapa menit atau langsung menghilang. Hal ini dapat dirasakan seperti tertekan, diremas, rasa penuh maupun sakit. Dapat pula dirasakan hal lain seperti mulas ataupun gangguan pencernaan. Rasa ketidaknyamanan tersebut bisa terletak pada satu atau kedua lengan, punggung, bahu, leher, rahang, atau bagian atas perut (di atas pusar).

  • Sesak napas.

Gejala ini mungkin akan muncul sebelum atau bersamaan dengan nyeri dada. Sesak dapat terjadi ketika Anda sedang beristirahat atau melakukan sedikit aktivitas fisik.

  • Berkeringat dingin

Anda akan sering merasa lelah tanpa alasan, mual dan muntah, serta pusing mendadak. Gejala-gejala serangan jantung dapat bervariasi dari orang ke orang. Beberapa orang dapat memiliki beberapa gejala bahkan sampai terkejut mengetahui bahwa mereka pernah mengalami serangan jantung. Jika Anda sudah mengalami serangan jantung, gejala Anda mungkin tidak sama dengan yang orang lain alami..

Jika Anda merasa diri Anda sendiri atau bahkan orang lain sedang mengalami gejala serangan jantung ringan, maka janganlah merasa malu untuk meminta bantuan karena dengan bertindak cepat akan dapat menyelamatkan hidup Anda.

Posted in Informasi by dr. Ayu Indah Lestari | Tags: , ,

Leave a Comment