Jenis Herbal Yang Dapat Membersihkan Sumbatan Pada Pembuluh Darah Anda

December 14, 2016

Plak adalah zat keras yang terbentuk dan berkembang di dalam arteri, yang menyebabkan pembuluh darah menjadi tersumbat dan mengeras. pembentukan plak arteri sering menyebabkan serangan jantung dan stroke dengan cara mengurangi pasokan darah ke organ vital secara perlahan-lahan. Gumpalan darah terbentuk oleh perlengketan platelet dengan plak yang lunak pada dinding arteri yang dapat menyumbat aliran darah serta menyebabkan kematian. Arteriosklerosis adalah penyakit yang melibatkan penumpukan plak di arteri dan juga biasa disebut “pengerasan arteri” sehingga terjadi penyempitan pembuluh darah. Plak dibentuk oleh lemak, kolesterol, kalsium dan zat lain dalam darah.

Bahan alami yang dapat Anda temukan setiap hari dan bisa Anda fungsikan sebagai obat herbal penyempitan pembuluh darah yaitu :

  • Bawang putih

Bawang putih bisa mencegah dan mengobati penumpukan plak di arteri. Uji klinis di Universitas Maryland Medical Center telah membuktikan bahwa dengan mengonsumsi suplemen bawang putih atau bawang putih segar dapat menurunkan kadar kolesterol, mencegah pembekuan darah dan menghancurkan plak sehingga sangat efektif sebagai obat herbal penyempitan pembuluh darah.

Menurut studi yang diungkap oleh Universitas Health System Michigan. Kedua komponen aktif utama bawang putih yaitu allicin dan ajoene berperan penting untuk mencegah pembekuan darah dengan mengurangi perlengketan trombosit darah. Bawang putih juga dapat mencegah oksidasi kolesterol LDL, atau “kolesterol jahat”, yang dapat mencegah perkembangan aterosklerosis dan penumpukan plak di arteri,

  • Kunyit

Senyawa aktif dalam kunyit yaitu kurkumin, dapat mencegah pembekuan trombosit darah dan membantu arteri menyingkirkan pembentukan plak. Antioksidan pada kunyit dapat melindungi kolesterol LDL mengalami oksidasi, sehingga menurunkan kolesterol darah dan mencegah penumpukan plak.

  • Jahe

Mengonsumsi jahe setiap hari dapat mengurangi perlengketan platelet dan membantu membersihkan plak pada arteri. Jahe mengandung lebih dari 12 antioksidan dan dapat membantu mengurangi kadar kolesterol serum, meningkatkan sirkulasi serta menurunkan risiko pembekuan darah sehingga sangat efektif sebagai obat herbal penyempitan pembuluh darah.

  • Bilberry

Bilberry adalah sejenis buah-buahan kecil yang mirip dengan cranberry dan blueberry Amerika. Sama seperti kunyit, bilberry juga dapat mencegah agregasi platelet darah, yang menyebabkan penggumpalan dan pembentukan plak. Penelitian di Universitas Sistem Kesehatan Michigan menunjukkan bahwa bilberry dapat mempengaruhi kontraksi jantung dan pembuluh darah serta mencegah gumpalan darah.

4 bahan alami yang sudah dijelaskan diatas memiliki khasiat yang sama yakni mencegah terjadinya penyempitan pada pembuluh darah. Mengingat banyak sekali penyebab atau faktor risiko yang berperan dalam proses pembentukan plak sampai terjadinya arteriosklerosis, maka penting sekali untuk Anda mulai menjaga pola makan, berolahraga dengan teratur serta mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Leave a Comment