Mengenal Lebih Dekat Khasiat Likopen Untuk Tubuh Anda

December 29, 2016

Likopen adalah zat kimia alami yang memberikan warna merah pada buah-buahan dan sayuran. Likopen dapat ditemukan dalam tomat, produk tomat, semangka, jeruk bali merah muda, aprikot, dan jambu biji. Di Amerika Utara, 85% likopen berasal dari makanan produk tomat seperti jus tomat atau pasta.

Satu cangkir (240 ml) jus tomat mengandung sekitar 23 mg likopen. Pengolahan tomat mentah menggunakan panas (misalnya dalam pembuatan jus tomat, pasta tomat atau saus tomat), dapat mengubah likopen dari produk mentah menjadi bentuk yang lebih mudah digunakan untuk tubuh.

Kita dapat memanfaatkan likopen sebagai obat herbal penyempitan pembuluh darah jantung (aterosklerosis), kanker prostat, payudara, paru-paru, kandung kemih, ovarium, usus, dan pankreas. Likopen juga dapat digunakan untuk mengobati infeksi human papilloma virus (HPV) yang merupakan penyebab utama kanker rahim, katarak serta asma. 

Bagaimana cara kerjanya?

Likopen adalah antioksidan kuat yang dapat membantu melindungi sel dari kerusakan. Likopen sebagai obat herbal penyempitan pembuluh darah jantung (aterosklerosis). Ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa tingkat likopen yang lebih tinggi dalam darah dikaitkan dengan penurunan risiko pengerasan arteri. Ada juga bukti awal bahwa kadar likopen yang lebih tinggi dapat mengurangi risiko penyakit jantung yang terkait dengan aterosklerosis.

Penelitian lain menunjukkan bahwa mengonsumi suplemen likopen setiap hari selama 6 bulan dapat menurunkan kolesterol total dan kolesterol low-density lipoprotein (LDL atau “lemak jahat”), dan meningkatkan kolesterol high-density lipoprotein (HDL atau “lemak baik” ). Penelitian lainnya menunjukkan bahwa mengonsumsi produk likopen setiap hari selama 8 minggu dapat menurunkan tekanan darah pada orang dengan Hipertensi.

Dosis yang tepat dari likopen tergantung dari beberapa faktor seperti usia pasien, kesehatan, dan beberapa kondisi lain. Pada saat ini tidak ada cukup informasi ilmiah untuk menentukan kisaran yang tepat dosis untuk likopen. Perlu diingat bahwa produk alami tidak selalu aman dan dosis sangatlah penting. Pastikan untuk mengikuti petunjuk yang relevan pada label produk dan berkonsultasi pada apoteker atau dokter atau profesional kesehatan lainnya sebelum menggunakannya.

Leave a Comment